Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Dan Tata Nilai

VISI INSTITUT AGAMA ISLAM DINIYYAH PEKANBARU

  • Menjadi Perguruan Tinggi Unggul Bereputasi di Asia Tenggara dan Berbasis Ilmu Keislaman yang Integratif dan Inovatif di Tahun 2042.
MISI INSTITUT AGAMA ISLAM DINIYYAH PEKANBARU

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan ilmu keislaman berbasis sains teknologi yang unggul dan berdaya saing.
  2. Mengembangkan kerjasama riset ilmu-ilmu keislaman, sains, teknologi tingkat lokal dan nasional.
  3. Menghasilkan lulusan unggul berwawasan keislaman dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Melakukan pembinaan dan pengembangan profesionalitas dosen dalam lingkungan akademik yang berakhlak mulia.
  5. Membangun Lulusan yang mempunyai keahlian - keahlian untuk menjadi profesinal dan entrepreneur di bidangnya.
TUJUAN INSTITUT AGAMA ISLAM DINIYYAH PEKANBARU

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, InstitutAgama Islam Diniyah Pekanbaru  menetapkan tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan unggul yang berakhlak mulia serta mampu mengitegrasikan ilmu keislaman dengan sains dan teknologi.
  2. Menyiapkan mahasiswa bermutu yang mampu bersaing secara local, regional dan nasional.
  3. Melaksanakan riset, praktek lapangan, program magang dan peningkatan profesionalisme lainnya baik berskala lokal maupun nasional.
  4. Melaksanakan pelatihan, workshop, temu ilmiah, guna menyiapkan tenaga dosen yang mampu mengintegrasikan ilmu keislaman dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat atau (tridharma) perguruan tinggi yang berbasis mutu

STRATEGI INSTITUT AGAMA ISLAM DINIYYAH PEKANBARU

Dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan maka disusunlah strategi Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru. Adapun straegi itu adalah sebagai berikut;

  1. Terlaksananya proses perkuliahan yang mengedepankan mutu berbasis keislaman, sains dan teknologi.
  2. Terwujudnya link and macth antara pengajaran di kampus dengan kebutuhan dunia kerja.
  3. Terwujudnya pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang mengintegrasikan ilmu keislaman dengan sains dan teknologi.
  4. Terwujudnya aktualisasi diri mahasiswa lewat kegiatan-kegiatan ilmiah, studi lapangan, praktek, soft skill, kegiatan keislaman dan kegiatan lainnya
  5. Terwujudnya kurikulum berbasis kompetensi yang mengintegrasikan keislaman dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Meningkatnya pelayanan terhadap kebutuhan mahasiswa, dosen dan tenaga  pendidik lainnya.
  7. Terbangunnya kesadaran suasana akademis yang nyaman, aman dan mendukung proses pembelajaran.
  8. Terwujudnya tenaga dosen dan tenaga pendidik yang profesional, berkualitas, unggul, berakhlak mulia, serta mampu mencontohkan pengintegrasian ilmu keislaman dengan ilmu pengetahuan dan eknologi.
  9. Terciptanya budaya akademis yang berorientasi pada produktifitas dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat
  10. Terselenggaranya penelitian yang berbasis publikasi pada jurnal-jurnal yang terindeks scopus, sinta dan ebooks.
  11. Terlaksananya pengabdian masyarakat yang berbasis penelitian dan berorientasi pada pendampingan masyarakat
  12. Terbangunnya kerjasama Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru dengan perguruan tinggi lainnya, instansi pemerintah, dan lembaga-lembaga swasta baik lokal, regional, nasional dan internasional.
  13. Terlaksananya tata kelola organisasi dan kelembagaan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
TATA NILAI INSTITUT AGAMA ISLAM DINIYYAH PEKANBARU

Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi telah menerapkan tata nilai diantaranya sebagai berikut :

  1. Religius
    Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru telah menerapkan nilai-nilai religius dalam melaksankan proses Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun proses-proses pendukung akademik lainnya. Implementasi dari penerapan nilai-nilai religius dapat dilihat dari Mata kuliah institusi yang bercorak  ke-Islaman cenderung muncul disetiap semesternya. Selain itu penelitian dan pengabdian masyarakatnya cenderung berorientasi pada kajian ke-Islaman. Harapannya muara dari penerapan nilai-nilai religius yang ada dalam lingkungan InstitutAgama Islam Diniyah Pekanbaru dapat menjadi karakter yang kuat bagi civitas akademika.
  2. Keikhlasan
    Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan tulus dan sukarela.
  3. Intergritas 
    Sebagai Institusi, Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru memiliki komitmen dan konsistensi dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berlandaskan nilai-nilai KeIslaman.
  4. Ukhuwah
    Salah satu upaya yang dilakukan Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru dalam meningkatkan mutu dan kualitas Institusi adalah dengan membangun hubungan yang baik kepada semua pihak baik.
  5. Visioner
    Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru telah menerapkan visioner dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai upaya untuk menjawab tantangan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki pemikiran-pemikiran yang ideal sehingga mampu menciptakan dan merumuskan masa depan yang gemilang.
  6. Kemandirian 
    Mengacu pada STATUTA Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru  telah menerapkan nilai-nilai kemandirian dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Internalisasi nilai kemandirian salah satunya dapat dilihat melalui usaha melatih keterampilan hidup mahasiswa yang tertuang pada mata kuliah kewirausahaan.